Prosedur Tambah Daya PLN – Untuk Rumah Tangga

Ini adalah pengalaman yang berkesan berurusan dengan instansi pelayanan publik. Awalnya saya pesimis kalo semua prosedur akan berjalan dengan mudah, apalagi jika diurus sendiri. Proses diawali dengan kunjungan saya ke kantor layanan PLN terdekat. Disambut oleh front desk dan saya menyampaikan maksud kunjungan ini untuk aplikasi tambah daya listrik dirumah saya. Saya kaget ketika petugas front desk berkata, “semua layanan tambah daya sekarang bisa di-apply secara online di http://www.pln.co.id, atau dengan menelpon ke call centre 123. Kantor layanan kami hanya bertugas sebagai pemberi informasi dan pelayanan gangguan”. Saya juga mengapresiasi petugas yang dengan sigap memberikan selembar informasi tarif perubahan daya dan sticker kecil bertuliskan website dan call centre untuk memudahkan dan mengingatkan konsumen

Saya lalu pulang kerumah dan langsung masuk ke http://www.pln.co.id, dan meluncur langsung ke icon “Perubahan Daya”

 

 

Image

cukup masukkan no ID Pelanggan PLN, sebagian form sudah terisi dan kita tinggal lanjutkan dengan pengisian form yang belum lengkap. Setelah semua pengisian selesai dan disubmit – maka akan keluar nomor registrasi (yang kita gunakan untuk melakukan pembayaran tarif tambah daya melalui ATM). 

Setelah transfer melalui ATM untuk pembayaran tarif tambah daya sebaiknya telepon ke call center 123 untuk konfirmasi pembayaran. Apresiasi juga kepada petugas call centre yang tak lupa berpesan, “Bapak pemasangan oleh petugas lapangan tidak dikenakan biaya lagi, dan tidak perlu membayar kepada petugas lapang jika ada oknum yang meminta”. Saya kira ini salah satu praktek penerapan birokrasi yang bersih di PLN

Tepat 1 minggu setelah pembayaran melalui transter ATM, ada petugas lapangan yang menelepon saya dan janjian untuk peningkatan daya listrik di rumah. Ini sesuai dengan janji PLN untuk lama proses tambah daya.

Berdasarkan peraturan yang baru, proses tambah daya harus bersamaan dengan penggantian meter ke prabayar. Maka petugas juga memasang meter prabayar. Ada gangguan ketika tombol angka untuk memasukkan pulsa tidak bisa ditekan, akhirnya petugas membuat laporan dan menjanjikan jangka waktu seminggu lagi untuk penyelesaian masalah ini dan pemasangan meter prabayar bisa dilakukan

Kembali petugas datang tepat 1 minggu setelah pemasangan pertama, meter prabayar sudah benar dan siap beroperasi. 

Sangat simple dan mudah, cukup masuk ke pln.co.id >>> pembayaran melalui ATM >>> petugas lapang datang untuk pemasangan meter dan tambah daya. Total waktu juga hanya 2 minggu waktu tunggu, dan insignifikan waktu pengisian aplikasi online dan transfer pembayaran melalui ATM. Ini bagian dari reformasi BUMN yang sangat berkesan dan memberikan value besar kepada konsumen pengguna layanan.

Terima kasih PLN, untuk layanan prima dan bersih!

Tambahan : 

Layanan ini hanya tersedia untuk wilayah Jawa, Bali, SUMUT, SUMBAR, Riau & Kepulauan Riau, Bangka & Belitung (Babel), Lampung, Sumatera Selatan, Jambi & Bengkulu (S2JB), Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur (www.pln.co.id)

Simulasi biaya juga bisa dilihat di website dengan masuk ke tab simulasi biaya

About these ads

8 thoughts on “Prosedur Tambah Daya PLN – Untuk Rumah Tangga

  1. berarti nambah daya sekarang praktis harus jd prabayar yaa? yg pake voucher gitu? ribet gak mas pakai voucher?
    saya ditawarin petugas pln yg biasa catat meteran di rumah, naikin 900 ke 2200 dan gak berubah jd voucher dikenakan 1.5jt.

  2. saya mau tanya kalau untuk perkantoran/pemda misalkan untuk kwh meterisasi lampu jalan dari daya 900 Va,apakah bisa langsung juga di tambah daya nya menginggat lampu penerangan jalannya pun sudah di tambah,dari 900va ke 3500va,dan ini secara kolektip ada sebanyak 22 kwh meter yg harus di tambah dayannya,mhn informasinya apakah ini mempunyai persyaratan khusus/baku atau tetap sama prosudurnya dgn yg lainnya,.mks sebelumnya dan di tunggu jawabannya ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s